Senin, 09 September 2013

Surat Pembaca

OBAT-OBAT YANG AMAN DIKONSUMSI


Assalamu'alaikum!

Bagaimana cara kita bagi yang awam tentang dunia medis ini membedakan antara obat-obatan yang berbahaya dan yang aman untuk dikonsumsi.

Terimaksih.

Nur H.

Nguter Sukoharjo


Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh!


Terimakasih atas pertanyaannya. Sebenarnya sejak edisi awal majalah ini telah membuka rubrik info obat untuk membantu memperluas pemahaman masyarakat tentang obat. Obat yang beredar ada beberapa jenis. Pertama, obat bebas, yang bisa diperjualbelikan dengan bebas di toko obat, minimarket, apotik dll. Obat jenis ini berlogo lingkaran  hijau. Kedua, obat bebas terbatas, juga bisa dibeli di toko obat, apotik, dan minimarket dll. Obat jenis ini berlogo lingkaran biru. Kedua obat ini aman dikonsumsi dengan dosis dan indikasi sesuai di dalam bungkus obat. Ketiga, obat jenis keras, obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter, dan ditebus di apotik saja. Obat ini berlogo lingkaran merah dengan huruf K. dan yang terakhir obat jenis narkotika. Simpanlah hanya obat bebas yang penting saja di dalam rumah anda dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

ATURAN MENYUSUI


Assalamu'alaikum!

Bagaimana ketentuan menyusui sesuai aturan termasuk tentang menyapih?

Desi P

Solo.

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh!


Memberi ASI (Air Susu Ibu)  kepada bayi adalah kewajiban seorang ibu dengan bantuan ayah sang bayi. Sudah banyak artikel tentang menyusui di majalah ini. Sebagai garis besar, ASI diberikan selama dua tahun penuh, pemberian sejak hari pertama kelahiran, ASI tidak boleh diberikan bersama susu formula, pemberian makanan tambahan dimulai pada bulan keenam dengan tetap memberi ASI, pemberian susu formula pada usia dua tahun setelah bayi disapih, percayalah bahwa ASI adalah makanan terbaik bayi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar