Minggu, 08 September 2013

Konsultasi Kesehatan : Anak Demam

Konsultasi Kesehatan

Pertanyaan :

ANAK DEMAM

PERTANYAAN

Assalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Dok, anak saya usia 8 bulan kepalanya panas tapi badannya gak panas. Cuma kadang anget malam nangis terus terutama menjelang pagi, nafsu makan menurun, mohon dijelaskan.
Abu Furqon – Cikarang
085780298xxx

Wassalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh


JAWABAN :

Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh

Abu Furqon yang baik, pertanyaan anda tentang putra anda tercinta yang sedang mengalami demam atau panas, kebetulan pada edisi kali ini kami mengangkat tema anak demam yang selengkapnya dapat Abu baca pada rubrik Anak Sehat.

Anak yang mengalami panas atau demam memang sering membuat orangtua khawatir, karena demam merupakan gejala yang dapat mengarah pada infeksi ringan saja, tetapi di lain sisi panas juga dapat merupakan salah satu gejala penyakit infeksi yang lebih berat seperti meningitis misalnya. Yang perlu dilakukan oleh orangtua di rumah adalah home treatment yang baik, kemudian mengetahui kapan harus pergi ke dokter serta dapat mengenali sejak dini tanda bahaya apa saja yang mungkin terjadi pada saat anak panas. Semuanya dipaparkan dengan jelas pada rubric Anak Sehat edisi sekarang.

Singkat saja jawaban kami, bahwa tanda objektif anak mengalami demam adalah dengan pengukuran melalui thermometer. Adapun bagian kepala atau mungkin yang Abu Furqon maksudkan adalah bagian dahi lebih panas karena bagian tubuh tersebut banyak mengandung pembuluh darah, selain dahi bagian tengkuk dan pipi pun terasa lebih panas. Dan pada saat panas, aliran darah untuk mengaliri organ vital bertambah, sehingga volume aliran darah untuk ekstremitas seperti tangan dan kaki dikurangi, akibatnya bagian tangan dan kaki menjadi lebih dingin.

Jika dengan home treatment yang memadai demam anak belum berkurang, maka jangan ragu untuk memulai medical treatment di sarana pelayanan kesehatan terdekat.

Wassalaaamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

  • Majalah Hilal Ahmar | 64/IX/MAR2013 | Konsultasi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar