Senin, 09 September 2013

Ibu Sehat : SENAM HAMIL


Mengapa ibu hamil dianjurkan melakukan senam hamil? Banyak sekali manfaat yang dapat Anda raih dari kebiasaan melakukan senam khusus ibu hamil, baik selama menjalani masa kehamilan maupun saat melahirkan nanti. Lalu, apakah semua ibu hamil boleh melakukannya? Temukan jawabanna dalam uraian berikut.

Manfaat


Manfaat senam hamil adalah menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan sekaligus menyiapkan otot-otot yang digunakan untuk proses persalinan. Dalam menjaga kesehatan tubuh, senam ini bekerja membakar plak kolesterol sekaligus menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan absorbs oksigen, melenturkan otot yang kaku, menambah nafsu makan, meningkatkan kualitas tidur, dan melancarkan pencernaan.

Senam selama kehamilan juga dapat mengurangi keluhan ibu hamil seperti varises, bengkak, pusing dan nyeri kaki. Hal ini disebebkan peredaran darah ibu yang teratur melakukan senam selama hamil menjadi lancer dan otot-ototnya teregang sehingga aliran cairan tubuh tidak terhambat.
Senam ibu hamil juga bertujuan melancarkan proses persalinan dengan cara melatih kekuatan otot panggul, meningkatkan elastisitas otot panggul, mempercepat penurunan kepala janin, menguatkan otot perut dan diafragma, melatih pernafasan dan meningkatkan elastisitas otot-otot jalan lahir.

Skrining

Tidak semua ibu hail noleh melakukan senam hamil. Bagi ibu hamil dengan kelainan sepertipenyakit jantung, penyakit ginjal, kelainan pernafasan dan anemia kehamilan tidak boleh melakukan senam. Ibu dengan riwayat kehamilan yang buruk seperti pernah abortus, perdarahan dan preeklamsi juga tidak dianjurkan melakukan senam hamil ini. Sebaiknya konsultasikan diri anda sebelum melakukan senam.

Waktu

Senam hamil mulai dilakukan pada usia kehamilan 22 minggu. Sebaiknya ibu melakukan senam hamil pada pagi hari ketika udara masih sangat segar sehingga oksigen yang dihirup lebih banyak dan belum terkontaminasi zat berbahaya. Senam ibu hamil ini bias dilakukan di kelas-kelas kehamilan atau melakukan sendiri dirumah. Lakukan senam hamil secara teratur, misalnya rutin lima hari sekali.

Pakaian

Pakaian yang dikenakan untuk senam hamil harus longgar dan menyerap keringat. Tujuan agar ibu tidak merasa gerah dan tidak menghalangi gerakan senam. Tidak perlu membeli pakaian khusus. Ibu dapat mengenakan baju yang dimilikinya. Mungkin, lebih baik memakai celana daripada rok.
Ibu tidak diperbolehkan melakukan senam khusus kehamilan di atas lantai tanpa alas. Siapkan matras atau karpet sebagai alas untuk melakukan senam ini. Senam siatas lantai akan membuat ibu kurang nyaman, mudah terpeleset dan meningkatkan resiko terjadinya benturan.

senam-hamil.jpg

Ibu yang sehat tentu mencerminkan janin yang sehat pula. Karena itu senam hamil merupakan salah satu jalan agar anda dan janin semakin sehat. Selamat mencoba.

-Kasih Kurniawati A.d Keb- (dari berbagai sumber)

 Majalah Hilal Ahmar |  Edisi 65/IX/April/2013 | Ibu Sehat

2 komentar:

  1. tpi apa gpp yah klo snam hmilny itu dlkukn sndri drmah ??
    n btw sis tau ga toko baju senam yg nyediain bju snam hmil ?

    BalasHapus