Senin, 09 September 2013

Sehat Sekilas : DEPRESI 2-3 KALI LEBIH SERING MENGENAI WANITA DIBANDINGKAN PRIA

 Wanita terbukti lebih sering terkena depresi dibandingkan pria, dan orang-orang India paling buruk terkena penyakit ini, menurut Badan Kesehatan Dunia.

Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia, "Depression and Global Crisis" wanita terkena depresi 50% lebih dibanding pria, dan kondisi mentalnya dua sampai tiga kali lebih pada wanita.


Orang-orang India merupakan orang yang paling depresi di dunia. Sebuah penelitian yang dilakukan organisasi kesehatan global bahwa hampir 9% orang India menderita  penyakit depresi yang berkepanjangan selama waktu hidupnya, sementara 36% menderita kondisi yang disebut MDE (Major depressive episode), episode depresi mayor.

Penderita MDE mengalami gejala sebagai berikut; kesedihan, kehilangan rasa senang, merasa bersalah dan menderita, kehilangan nafsu makan, dan sulit tidur, kehilangan konsentrasi, dan kadar energi yang rendah, disamping merasa tertekan (depresi).

Rata-rata umur yang mengalami depresi di Cina dan Amerika adalah 18,8 tahun dan 22,7 tahun, di India tercatat 31,9 tahun.

Diperkirakan depresi mengenai hampir 350 juta orang, dan 1 juta orang melakukan bunuh diri setiap tahun, sehingga setiap hari ada 3000 orang yang melakukan bunuh diri.

Ketika orang berhenti melakukan pekerjaannya, belajar, tidur, dan aktifitas lainnya maka dia terkena depresi.
Badan Kesehatan Dunia menempatkan depresi pada rangking keempat penyebab disability globally (ketidakmampuan global), dan memperingatkan bahwa kondisi mental ini akan menjadi nomor kedua ketidakmampuan global pada tahun 2020, dan kontributor terbesar penyakit pada tahun 2030. (WHO).

Majalah Hilal Ahmar |  Edisi 65/IX/April/2013 | Sehat Sekilas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar