Senin, 09 September 2013

Sehat Mental : Serangan Pertama Pasca Sampainya Tim ke-7 HASI di Salma 29 May 2013

Salma 29/5/2013. Sejak dini hari kawasan sekitar Rumah Sakit Lapangan (RSL) Salma dihujani dengan roket-roket yang dikirimkan oleh tentara Asad, serangan terus berlanjut hingga menjelang siang.

Terdengar 5 ledakan keras beruntun yang sangat dekat dengan lokasi RSL Salma, selang beberapa menit terdengar teriakan memanggil petugas medis, datang 2 orang korban luka-luka atas nama Gholib Abu Hasan (62) dan Muhammad Abu Sholeh (60).


Abu Hasan mengalami luka berat dibagian kepala pelipis kanan akibat serpihan roket yang menghantam rumahnya berjarak sekitar 300 meter dari RSL Salma, sementara Abu Sholeh yang tinggal bersebelahan dengan Abu Hasan mengalami luka terkena serpihan di bagian kaki.

Description: Tim Medis RSL Salma berusaha menyelamatkan Abu Hasan melalui masa kritis

Tim Medis RSL Salma berusaha menyelamatkan Abu Hasan melalui masa kritis

Abu Hasan mengalami kondisi kritis selama 2 jam akibat pecahan roket yang bersarang dan sulit dikeluarkan. dr. Abu yusuf dan perawat Abu Salim turut menangani korban bersama tenaga medis lain dipimpin oleh dokter Abu Abdillah spesialis bedah asal Yaman.

Description: Penanganan Abu Sholeh oleh relawan medis HASI Sedang menolong Korban di RSL (sampul belakang)

Penanganan Abu Sholeh oleh relawan medis HASI

Alhamdulillah masa kritis berhasil dilalui Abu Hasan selamat dengan izin Alloh dan langsung dilarikan ke Turki untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga Alloh memberikan yang terbaik untuk Abu Hasan.

Samapai berita ini ditulis masih terdengar sesekali suara sahut menyahut serangan roket baik dari tentara Asad maupun balasan dari Mujahidin, namun Alhamdulillah intensitasnya terus menurun.

Tim ke-7 Relawan HASI untuk Suriah

30 May 2013

Description: Operasi Varicocele oleh tim HASI di RSL Salma

Operasi Varicocele oleh tim HASI di RSL Salma

Salma 30/5/2013 Lepas waktu sholat isya' pada pukul 20.45 waktu Suriah, RSL Salma kedatangan pasien bernama Abdullah berusia 25 tahun. Abdullah mengeluhkan adanya gangguan pada kemaluannya. Setelah diperiksa ternyata Abdullah menderita Varicocele atau varises pada kemaluannya.

Jenis penyakit ini bisa diatasi dengan jalan operasi saja, setelah bermusyawarah akhirnya diputuskan tim medis dari HASI ditugaskan untuk mengoperasi Abdullah pada malam itu juga. dr.Abu Yusuf dan perawat HASI Abu Salim dibantu seorang perawat asli Suriah langsung bergegas menyiapkan keperluan untuk operasi. Alhamdulillah peralatan sarana dan prasarana di RSL Salma cukup lengkap untuk melaksanakan operasi ringan ini.

Description: Suasana operasi di ruang operasi sederhana RSL Salma

Suasana operasi di ruang operasi sederhana RSL Salma

Setelah 2 jam akhirnya operasi berhasil dilaksanakan dengan baik dan selesai. Abdullah langsung dibolehkan kembali ke rumahnya setelah siuman dari pengaruh obat bius operasi. Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar