Selasa, 10 September 2013

Surat Pembaca : Makan Pepaya | Standar Pengobatan Medis

MAKAN PEPAYA

Assalamu'alaikum
Benarkah makan buah papaya dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kemandulan bagi wanita?
Mumtahanah, Surakarta
08783515xxxx


Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh!

Sebagai buah yang matang tentu saja buah papaya bermanfaat. Ada beberapa literature yang menyebutkan bahwa buah papaya mentah dapat digunakan secara tradisional sebagai alat kontrasepsi dan untuk menggugurkan kandungan. Serta dapat mempengaruhi kesuburan baik laki-laki maupun perempuan. Namun ini perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. Jangan takut untuk mengkonsumsi buah papaya matang.

STANDAR PENGOBATAN MEDIS


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pak dokter, bagaimana kami bisa mendapat pelayanan pengobatan medis yang aman dan sesuai dengan kondisi ekonomi yang menengah ke bawah? Terimakasih atas jawabannya.

Ibu Asih, Colomadu

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terimakasih atas pertanyaannya. Pelayanan kesehatan tergantung kepada sistem yang dipakai. Saat ini pelayanan masih bersifat tunai. Sehingga terkesan ada uang ada pelayanan. Pelayanan yang baik adalah yang menganggap pelayanan kesehatan bukan sebagai komoditas atau barang yang diperjualbelikan. Sehingga praktiknya setiap rakyat akan mendapat pelayanan secara bebas biaya. Semua yang terkait dengan pendanaan akan ditanggung oleh negara. 

Kemudian tentang standar pelayanan yang aman, akan mudah didapat jika sesuai dengan sistem berjenjang. Dari pelayanan kesehatan primer menuju ke pelayanan kesehatan sekunder jika dirujuk. Dari sini akan bisa dilacak apakah pelayanan untuk penyakit seseorang sudah sesuai atau belum. 

Demikian ibu, kita berharap semoga suatu saat nanti, upaya pelayanan yang seperti ibu harapkan akan terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar