Senin, 09 September 2013

Sehat Lingkungan : KESEHATAN ANAK DAN LINGKUNGAN

Anak-anak adalah masa depan kita, lebih dari 2,2 milyar di seluruh dunia (1-19). Daya tahan hidup anak-anak tergantung kebutuhan dasar untuk mendukung hidupnya, salah satunya adalah lingkungan yang bersih dan sehat.

Anak-anak sering terpapar resiko kesehatan yang serius dari bahaya lingkungan. Factor resiko lingkungan sering terjadi pada peristiwa ini, dan efeknya muncul karena kondisi sosial ekonomi, terutama konflik, kemiskinan dan malnutrisi.

Perlu dilakukan aksi kerja supaya anak-anak tumbuh dan berkembang dalam kondisi kesehatan yang baik karena :
  1. Setiap tahun, paling sedikit 3 juta orang anak-anak di bawah usia lima tahun meninggal karena penyakit yang terkait lingkungan.
  1. Infeksi saluran pernapasan akut setiap tahun membunuh paling sedikit 2 jut aanak dibawah umur lima tahun. Kurang lebih 60% infeksi saluran pernapasan akut di seluruh dunia disebabkan kondisi lingkungan.
  1. penyakit diare mengancam kehidupan 1,5 juta anak-anak setiap tahun. Delapan puluh sampai sembilan puluh persen diare ini disebabkan oleh kondisi lingkungan, terutama air yang terkontaminasi dan sanitasi yang tidak memadai.
Resiko lingkungan bagi anak-anak bermacam-macam dari wilayah ke wilayah lain. Anak-anak di banyak negara masih menghadapi bahaya lingkungan tradisional utama seperti air yang tidak aman, kekurangan danitasi dan makanan yang tercemar, luka, polusi udara karena penggunaan bahan bakar, paparan logam berat dan bahaya sampah yang dibawa ke rumah dari pabrik. Kecepatan perubahan struktur ekonomi, tehnlogi, dan kependudukan, bahaya lingkungan baru atau modern telah diketahui atau dikenal seperti peningkatan radiasi.

Aksi kerja yang bermakan diperlukan untuk memperleh lingkungan yang lebih bersih, aman dan sehat di tempat dimana anak-anak tinggal, belajar, bekerja dan bermain. Ini memerluakn strategi, membangun program yang nayat dan kerjasama, menterjemahkan riset menjadi kebijakan dan mengisi komitmen dengan aksi. Ini memerlukan focus pada pencegahan, menghambat penyebab penyakit pada sumber lingkungan.

Untuk mencapai tujuan menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan aman sehingga anak tumbuh dan berkembang secara sehat, lima wilayah kerja termasuk aksi kerja global bagai kesehatan anak dan lingkungan adalah :
  1. Koleksi data dan analisa.
  1. Riset bersama.
  1. Advocacy.
  1. Pelayanan klinis.
  1. Peningkatan kewaspadaan dan pendidikan.
Kegiatan kesehatan lingkungan anak-anak memiliki kaitan dengan berbagai aktivitas seperti perlindungan lingkungan, adaptasi perubahan iklim, pelayanan kesehatan primer, pelayanan kesehatan sekudner berbasis spesialis, tanggap darurat, pengurangan resiko bencana, kesehatan kerja, kegiatan sekolah, dan kegiatan di rumah, dan lain-lain.

 Majalah Hilal Ahmar |  Edisi 65/IX/April/2013 | Sehat Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar