Senin, 19 November 2012

Sehat Khusus : SOLUSI TEPAT UNTUK JANTUNG SEHAT DAN KUAT

SOLUSI TEPAT UNTUK JANTUNG SEHAT DAN KUAT


Penyakit  kardiovaskular  menjadi  masalah kesehatan  dan  penyebab  kematian  yang utama hampir di seluruh dunia khususnya di negara-negara maju. Saat ini diperkirakan sekitar 30 % dari seluruh kematian termasuk 40 %  di  negara  maju (high-income countries) dan 28 % di negara berkembang (low  and  middle  income  countries) disebabkan  oleh  penyakit  kardiovaskular (PKV).  Saat  ini  penyakit  jantung  semakin tidak  mengenal  usia,  orang  yang  masih muda bisa terkena penyakit jantung.

Untuk  bisa  mendapatkan  umur  panjang, jantung  adalah  salah  satu  organ  yang mutlak  harus  dijaga  kesehatannya . Gangguan jantung bisa sangat mematikan, oleh  karena  itu  pencegahan  menjadi langkah  paling  bijak  untuk  menghindari kematian  mendadak  akibat  serangan jantung. Oleh karena itu dalam artikel ini akan  dibahas    langkah-langkah  apa  saja yang  sebaiknya  dilakukan  agar  jantung tetap sehat

Dr  Manny  Alvarez  menuturkan  penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi bagi perempuan maupun laki-laki. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah  menghindari  faktor  resiko  dan mengenal gejala yang muncul.

Berikut  ini  beberapa  hal  yang  bisa dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat :

1. Menjaga kolesterol

Kolesterol adalah bagian penting dari tubuh sehat yang memproduksi membran sel dan beberapa hormon. Tapi jika terlalu banyak bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. LDL yang merupakan  kolesterol  jahat,jika  kadarnya terlalu  banyak  di  dalam  darah  bisa membentuk  plak  dalam  arteri  yang membuatnya  jadi  kurang  fleksibel.  Jika arteri  sempit,akan  menyebabkan  aliran darah   menjadi   tidak   lancar   dan menimbulkan keluhan. Bila plak ini terjadi di arteri  koroner  dapat  mengakibatkan sumbatan  di  pembuluh  darah  jantung, dimana suatu saat bisa ruptur (pecah) dan meyebabkan serangan jantung atau stroke. Oleh  karena  itu  membatasi  asupan kolesterol yang berlebihan khususnya bagi orang yang mempunyai faktor resiko tinggi dapat menurunkan angka kejadian penyakit jantung dan membuat jantung lebih sehat

2. Tinggalkan rokok

Banyak  studi  menunjukkan  rokok  adalah penyebab utama penyakit jantung koroner, karena bisa meningkatkan tekanan darah dan cenderung membuat darah membeku. Risiko  perokok  kena  penyakit  jantung adalah 2-4 kali lipat lebih besar ketimbang non-perokok.  Jika  setelah  operasi  bypass masih merokok, maka berisiko kena masalah jantung  berulang.  Sebagaimana  telah dibahas  dalam  edisi  sebelumnya  rokok dapat  menyebabkan  terjadinya  penyakit jantung koroner bahkan mati mendadak, sehingga sangat bijak jika orang yang ingin menjaga kesehatan jantungnya meninggalkan ‘batang berbahaya’ ini

3.  Melakukan  aktivitas  fisik  secara teratur Kegiatan  seperti  berenang,  berlari, bersepeda,  atau  berjalan  kaki  bisa membantu jantung tetap sehat. Menurut American Heart Association, orang berusia di atas  18 tahun sebaiknya mendapatkan waktu  30  menit  untuk  aktivitas  fisik  dan setidaknya 5 hari dalam seminggu.

Aktifitas fisik yang bersifat aerobik diatas sangat  membantu  untuk  meningkatkan oksigenasi  jaringan  tubuh,  meningkatkan aliran  kolateral  pembuluh  darah  jantung, memperkuat kinerja jantung dan kapasitas/ toleransi  latihan,  mengurangi  stress, meningkatkan  sensitivits  tubuh  terhadap insulin. Sehingga aktifitas fisik yang teratur dan  sesuai  dengan  porsinya  secara keseluruhan  dapat  membuat  tubuh  kita lebih  sehat  dan  meningkatkan  kualitas hidup.
Kesibukan dan aktivitas yang selalu padat jangan dijadikan alasan untuk tidak pernah berolahraga. Sesekali tinggalkan kendaraan pribadi  lalu  berjalan  kaki  menuju  halte terdekat  untuk  naik  angkutan  umum  ke kantor. Cukup dengan berjalan kaki selama 20-30  menit  sehari,  risiko  kematian  dini akibat  serangan  jantung  bisa  dikurangi hingga 50 persen.

4. Pola makan sehat dan seimbang

Pola  makan  yang  benar  sangat  penting untuk menjaga jantung tetap sehat. Diet sehat disini memiliki penekanan pada lemak sehat,  buah-buahan  dan  sayuran,  serta mengonsumsi  kacang-kacangan  seperti almond, walnut dan pistachio setiap hari. Untuk  mencapai  diet  yang  sehat  dan seimbang,  semuanya  tergantung  pada keadaan,  kesehatan  dan  kondisi  masing- masing individu, akan tetapi pada umumnya disarankan untuk :

• Makan banyak mengandung sayur, nasi, kacang dan tepung setiap harinya. •  Makan lebih banyak buah-buahan •  Pilihlah  makanan  dengan  kadar  lemak yang  rendah  seperti :  susu,  keju,  atau yoghurt rendah lemak • Makan secukupnya daging atau protein lain.  Dengan  makan  daging  secukupnya, tidak  hanya  protein  yang  dibatasi  akan tetapi  lemak  tootal,  lemak  jenuh,  dan kolesterol. •   Membatasi makanan yang berlemak dan berminyak  terutama  yang  kadar  lemak jenuhnya tinggi seperti minyak kelapa. • Membatasi makanan dengan kolesterol tinggi  seperti  susu  murni,  kuning  telur, jerohan. •  Membatasi kue yang manis-manis •  Menghindari minum beralkohol • Membatasi garam atau memakai garam diet pada penderita hipertensi.

Nutrisi lain yang baik untuk menjaga irama jantung  sehat  dan  mengurangi  kadar kolesterol jahat adalah vitamin E, kalsium, keadaan,  kesehatan  dan  kondisi  masing- masing individu, akan tetapi pada umumnya disarankan untuk :

• Makan banyak mengandung sayur, nasi, kacang dan tepung setiap harinya. •  Makan lebih banyak buah-buahan •  Pilihlah  makanan  dengan  kadar  lemak yang  rendah  seperti :  susu,  keju,  atau yoghurt rendah lemak • Makan secukupnya daging atau protein lain.  Dengan  makan  daging  secukupnya, tidak  hanya  protein  yang  dibatasi  akan tetapi  lemak  tootal,  lemak  jenuh,  dan kolesterol. •   Membatasi makanan yang berlemak dan berminyak  terutama  yang  kadar  lemak jenuhnya tinggi seperti minyak kelapa. • Membatasi makanan dengan kolesterol tinggi  seperti  susu  murni,  kuning  telur, jerohan. •  Membatasi kue yang manis-manis •  Menghindari minum beralkohol • Membatasi garam atau memakai garam diet pada penderita hipertensi.

Nutrisi lain yang baik untuk menjaga irama jantung  sehat  dan  mengurangi  kadar kalium dan selenium. Makanan yang bisa dikonsumsi  adalah  alpukat  dan  almond sebagai sumber lemak sehat, ikan salmon dan sarden yang tinggi asam lemak omega- 3 serta buah segar untuk asupan kalsium dan kalium.

5. Konsumsi ikan 3 kali seminggu.   

Ikan  seperti  salmon,  tuna  dan  mackerel memiliki  asam  lemak  omega 3  yang dikonsumsi  3  kali  seminggu  sangat  baik untuk  melawan  penyakit  jantung . Keseimbangan antara omega-3, omega-6 dan omega-9 adalah kombinasi yang kuat untuk mengurangi penyakit jantung. Karena jika ada ketidakseimbangan kadar kolesterol bisa  menyumbat  dan  membuat  dinding arteri mengeras atau menebal. Menurut American Heart Association nutrisi asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh ganda  bisa  membantu  menjaga  kadar kolesterol  sehat,  sehingga  baik  untuk jantung.

6. Menjaga berat badan tetap sehat 

Memiliki  berat  badan  yang  sehat  bisa membantu  menurunkan  risiko  penyakit jantung, bahkan pengurangan berat badan sekecil  apapun  membantu  menurunkan risiko. Kehilangan  10 persen berat badan secra signifikan menurunkan tekanan darah dan  risiko  diabetes  yang  menjadi  faktor risiko penyakit jantung. Mempertahankan berat   badan   yang   sehat   adalah menyeimbangkan energi yang dikeluarkan melalui  latihan  dan  kegiatan  sehari-hari dengan kalori yang dikonsumsi.

Perhatikanlah juga lingkar pinggang karena kesalahan yang sering terjadi adalah orang terlalu  mengkhawatirkan  berat  badan, padahal faktor risiko sindrom metabolik dan berbagai  masalah  jantung  justru  lebih banyak  berhubungan  dengan  lingkar pinggang.  Obesitas  sentral  atau  perut buncit menandakan perlemakan hati yang menyebabkan  kadar  kolesterol  sulit dikontrol.

7. Menghindari Alkohol

Minuman  alkohol  dapat  membahayakan dan merusak organ tubuh baik itu secara perlahan -lahan  maupun  mendadak khususnya bila diminum dalam dosis yang berlebihan, bahkan ujung-ujungnya dapat menyebabkan  kematian.  Korban  tewas karena minuman alkohol dan campurannya (oplosan)  terus  berjatuhan.  Saking  susah terkontrol saat minum alkohol, orang jadi lupa  pada  ancaman  kematian  yang mengintainya.

Dikutip dari Medschl.cam.ac.uk, kadar  10 mL methanol cukup untuk menyebabkan kebutaan dan kadar 30 mL methanol akan menyebabkan dampak lebih fatal termasuk kematian. Dilansir dari health24, kelebihan alkohol  dapat  mengakibatkan  keracunan alkohol. Ketika tubuh mengalami keracunan alkohol  yang  terjadi  adalah  alkohol menekan saraf-saraf yang mengendalikan tubuh seperti saraf jantung, paru dan otak dan menghentikan fungsinya.

Orang  yang  minum  alkohol  kebanyakan biasanya  akan  muntah  karena  perut menolaknya karena dapat mengiritasi perut. Proses  muntah  ini  bisa  langsung menyebabkan kematian, karena si pelaku bisa  tersedak  oleh  muntahannya  sendiri yang  menyebabkan  susah  bernapas kemudian jadi tidak sadarkan diri.
Selain pingsan karena tersedak muntahan, yang  membuat  orang  tak  sadarkan  diri adalah karena alkohol yang sudah diminum akan  membuat  konsentrasi  di  darah bertambah (blood  alcohol concentration/BAC).

Konsentrasi yang terus meningkat ini akan membuat orang pingsan.

Meskipun  acara  minum  sudah  selesai, alkohol dalam perut dan usus yang sudah diminum akan terus memasuki aliran darah di seluruh tubuh. Jadi walaupun si peminum sudah tidur dan menganggapnya tidak ada masalah, alkohol yang masuk aliran darah terus berlanjut. Jika tidak ditangani secara cepat dengan membawa ke rumah sakit, korban keracunan alkohol akan mengalami dehidrasi  parah  karena  terus  menerus muntah  dan  kejang-kejang.  Ancaman kerusakan  otak  permanen  atau  kebutaan jika korban masih bisa diselamatkan atau malah  mengalami  kematian  jika  gagal diselamatkan.

Banyak cara yang dilakukan peminum agar tak keracunan alkohol seperti minum kopi pahit, mandi air dingin atau langsung tidur. Tapi kebanyakan itu hanya mitos, karena jika konsentrasi darah karena alkohol meningkat upaya itu akan sia-sia. Oleh karena itu jika kita ingin hidup sehat dan panjang umur jangan  sekali-kali  berhubungan  dengan minuman yang mengandung alkohol.

8. Tidur yang cukup

Bergadang hingga larut malam tidak hanya membuat  tubuh  cepat  merasa  letih keesokan harinya. Kurang tidur juga bisa meningkatkan  stres  dan  tekanan  darah

9.  Mengukur  tekanan  darah  secara teratur Tekanan darah tinggi yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Mayo clinic merekomendasikan orang dewasa untuk memeriksa tekanan darah setiap 2 tahun. Bagi  orang  yang  sudah  menderita hipertensi, tekanan darah diperiksa secara rutin dan periodik sesuai kebutuhan dan kondisi fisik atau penyakit yang lain.

Selain  itu  sebaiknya  diimbangi  dengan perubahan gaya hidup seperti mengatur asupan  natrium,  aktivitas  fisik  secara teratur serta melatih diri untuk melakukan meditasi  dan  yoga  (bagi  orang  muslim dapat diganti dengan sholat) sebagai cara mengelola stres yang baik. (dr. Safir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar