Senin, 19 November 2012

Gizi : TIPS PEMILIHAN MAKANAN UNTUK PENCEGAHAN KANKER

TIPS PEMILIHAN MAKANAN UNTUK PENCEGAHAN KANKER


Berbagai katakutan menghantui manusia saat ini dengan bahayanya penyakit kanker. Penyakit  kanker  adalah  salah  satu  penyakit mematikan  yang  saat  ini  termasuk  menjadi salah  satu  penyakit  yang  paling  ditakuti manusia.  Berbagai  upaya  pencegahanpun dicoba untuk mengantisipasi terkena penyakit ini.  Salah  satu  upayanya  ialah  dengan mengkonsumsi makanana yang mengandung antioksidan.  Antioksidan  sangat  berperan dalam  mencegah  kanker.  Oleh  karena  itu, polamakan  yang  tidak  sehat  seharusnya diubah  dengan  mengkonsumsi  makanan- makanan   yang   alami   yang   banyak mengandung antioksidan.

Radikal  bebas  dan  timbunana  lemak  dalam tubuh adalah faktor penyebab kanker radikal bebas  yang  diproduksi  oleh  DDT,  radiasi, ultraviolet, polusi, serta asap rokok mengubah sifat inti sel yang merupakan pemicu kanker.

Selain itu, timbunan lemak melemahkan daya tubuh,  tetapi  antioksidan  dapat  mencegah kanker  dengan  membunuh  radikal  bebas. Anda  tidah  perlu  susah-susah  memilih makanan  yang  memiliki  kandungan  lemak rendah  dan  kaya  akan  antioksidan,  karena ternyata  makanan  yang  dari  dulu  sudah dikonsumsi oleh nenek moyang kita seperti ubi,  singkong,  jagung,  brokoli,  melon  dan buah-buahan  berwarna  merupakan  sumber antioksidan. Gantilah beras putih dengan beras merah,  gula  pasir  dengan  gula  jawa,  dan berhentilah makan gorengan, nenek moyang kita tidak kenal minyak.

Ubi merupakan makanan yang kompleks. Ubi mengandung  karbohidrat, protein,antioksidan,  juga  mineral  yang diperlukan  tubuh.  Ada  baiknnya mengkonsumsi  makanan  mentah  seperti lalapan.  Makanan  mentah  kaya  akan  enzim yang  berfungsi  untk  membersihkan  usus  “ sayuran  yang  dimasak  kehilangan  50-80  % kandungan  enzimnya”.  Selain  itu,  brokoli merupakan pilihan sayuran yang sangat bagus karena  mengandung  indol  3  kardinol  yang dapat  mengurangi  efek  lemak  jahat  pada tubuh.

Makanan lain   yang mengandung antioksidan adalah sayur hijau, dan kulit buah dan buah berwarna, kuliat buah apel hijau, buah naga, jeruk,kentang,dll.

a.  Adapun  lima  makanan  yang  dapat membunuh sel kanker.

1.  Blueberry,  Acaiberry,  Raspberry,  dan Cranberry

Ketiga  buah  ini  memiliki  warna  gelap  yang berasal dari phytochemical. Zat ini  melindungi serangan berbagai jenis kanker. Para peneliti di University of Florida menemukan bahan aktif dalam  Acaiberry  merusak  sel-sel  kanker. Blueberry  mengandung  senyawa  yang menyebabkan  sel  kanker  hati  merusak  diri. Dalam  penelitian  lain,  Cranberry  ditemukan bisa  melawan  kanker  ovarium.  Studi  yang dilaporkan   pada   pertemuan   tahunan American  Chemical  Society  menemukan bahwa sel-sel kanker ovarium enam kali lebih sensitif  bila  terkena  suatu  senyawa  dalam cranberry.

2. Teh Hijau.

Salah satu bahan kimia nabati pertama yang dipelajari  untuk  antikanker  adalah  catechin. Bahan  ini  terdapat  dalam  teh  hijau  yang dikenal  bisa  mencegah  dan  mengurangi kambuhnya  kanker  payudara  dan  kanker lainnya. Dua cangkir sehari teh hijau sudah cukup untuk mencegah kanker.

3. Brokoli dan Kubis

Peneliti  Inggris  tahun  lalu  membuat  berita dengan  sebuah  studi  yang  menunjukkan bahwa pria dengan tanda-tanda awal kanker prostat  bisa  dicegah  dengan  mengonsumsi brokoli empat kali seminggu.

4. Bawang putih.

 Lebih  dari 30  penelitian  selama  bertahun- tahun  menunjukan  sifat  antikanker  pada bawang putih. Sejauh ini terfokus pada kanker pencernaan.  Namun,  bawang  putih  muncul untuk  melindungi  terhadap  semua  jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Menurut National Cancer Institute, orang yang mengkonsumsi  bawang,  semakin  rendah risikonya  perut  dan  kanker  kolorektal.  Para ilmuwan  telah  mengisolasi  dua  bahan  aktif dalam bawang putih, allicin dan belerang alil. Dua bahan ini mencegah dan melawan kanker pada hewan dan manusia

5. Tomat

Peneliti dari Harvard, Edward Giovannucci, mereview 72 studi the National Cancer Institute dan  menyimpulkan  likopen,  bahan  yang terkandung dalam tomat, mengurangi risiko berbagai  macam  kanker,  terutama  kanker prostat, payudara, paru-paru, dan usus besar.

b.  Tips  memilih  makanan  sehat  untuk menghindari resiko kanker payudara :

1.  Pertahankan  asupan  makanan  rendah lemak, tidak melebihi 30 gram lemak per hari. Hal ini akan membantu mempertahankan diet seimbang yang juga membantu menjaga berat badan.  Kita  menyimpan  estrogen  di  lemak tubuh, jadi lebih sedikit lemak yang kita bawa, lebih baik.

2.     Libatkan brokoli ke dalam menu harian Anda.  Kira-kira  dalam  sehari  Anda  hanya membutuhkan  secangkir  brokoli.  Tahukah Anda ,   brokoli   mengandung   senyawa sulfuraphane  yang  secara  ilmiah  terbukti mengurangi risiko kanker.

3. Makanlah tomat yang kaya dengan likopen. Konon  likopen  juga  agen  yang  berfungsi memerangi kanker.

4. Makanlah dalam porsi yang sedikit namun sering  ketimbang  banyak  sekaligus.  Hal  ini membantu   saluran   cerna   Anda   dan memperbaiki metabolisme.

5. Minumlah teh hijau yang kaya antioksidan.

6.  Kudaplah dark chocolate sesekali, karena secara  ilmiah  terbukti  cokelat  sebagai  agen yang memerangi kanker. Namun ingat jangan cokelat  manis,  kecuali  Anda  tidak  akan mendapat manfaatnya.

7. Jangan lupakan buah dan sayur dalam menu harian.  Pilihlah  sayuran  berwarna  hijau  dan oranye.

(Tempo.co,  www.yahoo  health,  Dharma sehat)  Wulan Hastari Riskanita, S.Gz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar