Senin, 19 November 2012

Konsultasi Sehat : Sinus


SINUS

Pertanyaan ;

Assalaamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh

Apa yang dimaksud dengan penyakit sinus ?

— 082137779xxx

Jawaban ;

Wa’alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh

Sinus adalah rongga udara yang terdapat di area wajah dan terhubung dengan hidung. Pada orang sehat, sinus terutama berisi udara. Penyakit yang dapat mengenai sinus ini bermacam-macam, diantaranya adalah ; 


1) Penyakit radang Penyakit radang pada sinus dinamakan sinusitis. Berdasarkan waktu terjadinya, dibagi dalam dua golongan yaitu sinusitis akut dan sinusitis kronis. Berdasarkan tempat terjadinya, terdapat penyakit sinusitis maksillaris, sinusitis ethmoidalis, sinusitis sfenoidalis,sinusitis frontalis. 

2) Penyakit sinus congenital Merupakan penyakit sinus yang terjadi sejak lahir, diantaranya adalah ; terdapat variasi ukuran sinus yang disertai asimetri ; sinus gagal berkembang ; yang sering terjadi adalah tidak adanya sinus frontalis atau hanya berupa sel udara yang kecil. 

3) Penyakit sinus traumatic Penyakit sinus yang terjadi disebabkan karena adanya trauma, misalnya fraktur tulang wajah spesifik. Pembengkakan pasca trauma dapat mengganggu dan bersama dengan darah yang terkumpul di dalam sinus merupakan predisposisi terjadinya infeksi akut. 

4) Penyakit sinus neoplastik Terbagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Sayang sekali Ibu tidak memerinci penyakit sinus apa yang Ibu maksud sehingga kami belum bisa menjelaskan dengan detail. Semoga bermanfaat.

kirim permasalahan anda seputar kesehatan melalui 
rubrik konsultasi HILAL AHMAR via SMS 0271 2185 134
Insya Allah akan kami bantu jawabannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar