Senin, 19 November 2012

Ibu Sehat : VITAMIN A UNTUK IBU NIFAS

VITAMIN A UNTUK IBU NIFAS

Pentingnya mendapatkan Vitamin A tidak hanya untuk bayi/balita, tetapi Vitamin A juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu pada masa nifas. Vitamin A perlu dikonsumsi oleh ibu nifas (0-42 hari setelah bersalin). Pemberian vitamin A bagi ibu nifas sangat penting karena baik untuk kesehatan ibu dan bayi dan juga untuk status gizinya. Apabila pada ibu nifas beresiko kekurangan vitamin A maka hal ini akan berpengaruh pada  bayinya,  bayi  juga  akan  beresiko kekurangan  vitamin  A.  Ibu  menyusui membutuhkan vitamin A yang tinggi yang bermanfaat  untuk  memproduksi  ASI  (Air Susu Ibu). Konsentrasi dan jumlah vitamin A yang  terkandung  dalam  ASI  sangat tergantung pada status gizi ibu. Sehingga tercukupinya kebutuhan vitamin A pada ibu akan  meningkatkan  kualitas  ASInya.  Jika makanan  ibu  tidak  mengandung  banyak vitamin  A  maka  ASI  juga  tidak  banyak mengandung  vitamin  A.  Karena  itulah pentingnya  pemberian  vitamin  A  tidak hanya  penting  bagi  ibu  tetapi  juga  bagi bayinya. Pemberian Vitamin A pada ibu nifas selain untuk mencegah kebutaan juga akan meningkatkan  kualitas  ASI  sehingga meningkatkan daya tahan tubuh anak dan kesehatan  ibu  lebih  cepat  pulih  setelah bersalin.


Manfaat Vitamin A 1. Menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan 2. Meningkatkan daya tahan tubuh 3. Bila terkena diare, campak atau infeksi lain,  maka  penyakit  tersebut  tidak  akan menjadi  parah  sehingga  tidak membahayakan jiwa anak

Hasil  penelitian  di  berbagai  negara menunjukkan  bahwa  pemberian suplementasi  Vitamin  A  sebanyak 2  kali pertahun pada anak umur 6-59 bulan dapat mencegah  kekurangan  Vitamin  A  dan kebutaan (buta senja), juga meningkatkan sistim  kekebalan  tubuh  sehingga mengurangi  kejadian  kesakitan  dan kematian  pada  balita,  karena  vitamin  ini dapat  mencegah  timbulnya  komplikasi pada  penyakit  yang  sering  terjadi  pada balita seperti campak dan diare. Bagi Ibu menyusui, selain untuk mencegah kebutaan Vitamin  A  sangat  dibutuhkan  untuk pembentukan ASI yang berkualitas tinggi yang  dibutuhkan  bayi  pada  bulan-bulan pertama kehidupannya.

Manfaat vitamin A bagi ibu nifas : 1.  Meningkatkan  kandungan  vitamin  A dalam air susu ibu (ASI) 2 .   Bayi  yang  menyusu  ASI  yang mengandung cukup vitamin A akan lebih kebal dan jarang terkena penyakit infeksi 3.  Kesehatan  ibu  cepat  pulih  setelah melahirkan

Mengapa ibu nifas harus minum 2 kapsul vitamin A : 1.  Karena  bayi  lahir  dengan  cadangan vitamin A yang rendah 2. Kebutuhan bayi akan vitamin A tinggi untuk pertumbuhan dan peningkatan daya tahan tubuh 3. Pemberian 1 kapsul vitamin A 200.000 SI pada ibu nifas hanya cukup meningkatkan kandungan  vitamin  A  selama 60  hari, sedangkan pemberian  2 kapsul vitamin A diharapkan  menambah kandungan vitamin A dalam ASI sampai 6 bulan.

Sumber Vitamin A

Vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar tubuh. Sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, serta beberapa  makanan  nabati  yang mengandung beta-karoten (pro-vitamin A, yang oleh tubuh diubah menjadi Vitamin A) yaitu yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran  berwarna-warni  seperti wortel,  bayam,  kol,  brokoli,  semangka, melon, pepaya, mangga, tomat, dan kacang polong. Sedangkan sumber Vitamin A hasil rekayasa adalah beberapa produk makanan yang diperkaya (fortifikasi) dengan Vitamin A  antara  lain  dalam  minyak  goreng, margarin,  susu  dan  beberapa  jenis  mie instan.  Ada  lagi  sumber  Vitamin  A  yang sangat  potensial  karena  gratis,  mudah didapat  dan  dosisnya  mencukupi  yaitu Kapsul Vitamin

Suplementasi Vitamin A Suplementasi  Vitamin  A  adalah  program intervensi pemberian Kapsul Vitamin A bagi anak usia  6-59 bulan dan ibu nifas yang bertujuan selain untuk mencegah kebutaan juga  untuk  menanggulangi  kekurangan Vitamin A (KVA) yang masih cukup tinggi pada balita.

Kapsul Vitamin A yang digunakan dalam kegiatan  Suplementasi  Vitamin  A  adalah Kapsul Vitamin A dosis tinggi, yaitu:

Kapsul  biru (mengandung  Vitamin  A 100.000 SI) : diberikan  kepada  bayi  usia 6-11  bulan sebanyak 1 kali pada bulan Februari atau Agustus.

Kapsul merah (mengandung Vitamin A 200.000 SI) : diberikan  kepada  anak  balita  usia 12-59 bulan setiap bulan Februari dan Agustus; dan  kepada  ibu  nifas (0-42  hari  pasca bersalin)  sebanyak 2  kali  yaitu: 1  kapsul diberikan segera setelah persalinan dan 1 kapsul  lagi  diberikan 24  jam  sesudah pemberian kapsul pertama.

Catatan: 

 Jika  setelah 24  jam  ibu  nifas  belum memperoleh kapsul Vitamin A, maka dapat diberikan pada: —  Kunjungan  nifas  yang  pertama  (KN1) yaitu 6-48 jam setelah persalinan. Kunjungan nifas yang kedua (KN2) pada 3-7 hari setelah persalinan. — Kunjungan nifas yang ketiga (KN3) pada 8-28 hari setelah persalinan.

Pemberian Suplementasi Vitamin A Suplementasi Vitamin A dapat diperoleh di sarana pelayanan kesehatan seperti: Rumah sakit,  Puskesmas,  Puskesmas  Pembantu (Pustu),  Poskesdes,  Polindes,  Posyandu, dokter, bidan praktek swasta, dukun bersalin terlatih, dll.

Cara memberikan Kapsul Vitamin A Gunting ujung kapsul, anak/ibu membuka mulutnya kemudian pencet kapsul sampai semua  isinya  masuk  ke  dalam  mulut anak/ibu.

Sumber :

1. Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Depkes, 2005, Apa dan Mengapa Tentang Vitamin A.
2.  Direktorat  Bina  Gizi  Masyarakat,  Depkes, 2009,
Panduan Manajemen Suplementasi Vitamin A.
3. http://www.infodokterku.com/index.php?
option= com _content&view =article&id = 1 5 :
pentingnya - suplementasi-vitamin-a-bagi-anak-balita-dan-ibu- nifas&catid=27:
helath-programs&Itemid=28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar