Senin, 15 Agustus 2011


OPERASI CAESAR
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!
Dokter, saya seorang ibu muda, 6 bulan yang lalu saya melahirkan dengan cara operasi Caesar karena panggul sempit. Tetapi memasuki bulan ke tujuh ini, saya cek tes kehamilan ternyata positif, perkiraan haid masih 3 minggu lagi. Apakah saya boleh hamil dok, sementara kadang-kadang bekas operasinya masih terasa? Apa yang sebaiknya saya lakukan? Jazakallah.

Ummu Ayyas, Semarang
0852900xxxx

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh!

Wa iyyaakum. Semoga bayi ibu dalam keadaan sehat. Bayi ibu berusia 6 bulan dan sekarang diduga ibu hamil lagi. Padahal kemarin proses kelahirannya lewat operasi Caesar. Yang menjadi pertanyaan kami, apakah ibu dan suami tidak merencanakan menyusui bayi ibu sesuai dengan perintah dienul Islam  selama dua tahun penuh? Pertanyaan kedua, apakah setelah melahirkan lewat operasi Caesar, ibu tidak diberi saran oleh dokter yang mengoperasi ibu untuk tidak hamil lagi selama sekian waktu? Paling tidak selama menyusui 2 tahun penuh? Pertanyaan ibu tentang apakah ibu boleh hamil lagi? Tentu saja boleh karena itu adalah hak ibu dan suami serta takdir dari Allah Swt. Namun Allah juga memberi perintah untuk menyusui anak selama dua tahun penuh. Perintah yang sering diabaikan oleh ayah dan ibu. Silahkan konsultasi kembali ke tempat dokter yang mengoperasi ibu supaya ibu mendapat penjelasan dan pemeriksaan secara seksama. Dan jangan takut untuk bertanya kepada dokter yang merawat ibu, karena itu adalah hak ibu. Karena  anda telah membayar dokter tersebut, maka dokter wajib memberi penjelasan yang lengkap.

BRONCHITIS

Assalamu’alaikum

Pak, mau tanya, saya sudah batuk selama sebulan. Dulu saya pernah di periksa roentgen ketika pergi ke rumah sakit. Kata dokter rumah sakit, saya terkena bronchitis. Kira-kira obatnya apa? Jazakallah !

Abas
08213339xxxx

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh!

Waiyyaakum. Jika bapak batuk selama sebulan, sebaiknya periksa ke dokter anda atau ke rumah sakit untuk memastikan diagnosa. Dulu mungkin bapak pernah terkena bronchitis atau radang pada bronchus. Namun belum tentu sekarang bapak masih terkena penyakit tersebut. Obatnya menunggu kepastian diagnosa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar