Senin, 15 Agustus 2011

Konsultasi Kesehatan

Ass.wr wb

Afwan dokter mau nanya apa saja cirri orang yang kena sakit liver dan keluhan-keluhannya , tolong dijelaskan secara mendetail, jazakumulloh. Akhwt skhrj
081335198xxx


Jawaban

Wa’alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh

Liver dalam bahasa medis adalah organ  hati , bukan penyakit hati . Apabila Ibu bertanya tentang sakit liver yang berarti sakit yang mengenai organ hati maka jawabannya bisa panjang dan lebar karena penyakit yang mengenai organ hati dapat bermacam-macam . Tetapi kebiasaan masyarakat awam menyebutkan liver  sebagai penyakit  peradangan pada hati atau Hepatitis , dimana saat ini yang sedang hangat diperbincangkan adalah Hepatitis B yaitu peradangan hati yang disebabkan oleh virus , masuk melalui darah ataupun cairan tubuh dari seseorang yang sudah terinfeksi sebelumnya .

Hepatitis B kebanyakan tidak mempunyai gejala yang tidak nyata , tetapi umumnya penderita merasakan cepat lelah , tidak nafsu makan , sakit kepala , pegal-pegal di seluruh badan , lemah , mual , kadang disertai muntah , dan selanjutnya demam . Fase berikutnya ditandai dengan air kencing yang berwarna kuning kehitaman seperti air teh , bagian putih pada bola mata , langit-langit mulut dan kulit menjadi berwarna kekuning-kuningan . Hepatitis B dapat merusak hati dan kemudian menyebar  kepada orang lain.

Karena gejalanya yang sering tidak nyata , hepatitis B seringkali baru terdiagnosa setelah melakukan pemeriksaan laboratorium atau melakukan pemeriksaan rutin . Pengobatan terhadap hepatitis B  harus dilakukan dengan segera untuk mencegah kondisi menjadi lebih parah .

Wassalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar