Senin, 15 Agustus 2011

MINUMAN SOFT DRINK MANIS MENINGKATKAN TEKANAN DARAH


MINUMAN SOFT DRINK MANIS 
MENINGKATKAN TEKANAN DARAH



Anda penggemar minuman soda manis? Berhati-hatilah. Karena penelitian terbaru menyatakan bahwa minum minuman bersoda dan soft drink manis dapat meningkatkan tekanan darah secara bermakna.

Penemuan penelitian baru menunjukkan hubungan langsung antara banyaknya minuman soda atau sotf drink manis yang dikonsumsi dengan kenaikan tekanan darah.  Sebuah laporan terbaru  dipublikasikan dalam Hypertension : Journal of the American Heart Association.

Para peneliti di School of Public Health at Imperial College London, menemukan bahwa setiap minuman soda yang diminum oleh peserta yang diteliti selama pemberian sehari, tekanan darah systole akan meningkat 1,6 mmHg sementara tekanan darah diastole akan meningkat 0,8 mmHg.


Minuman manis merupakan sumber gula tambahan yang ditemukan dalam makanan Amerika. Penelitian menunjukkan bahwa kenaikan tekanan darah akan terlihat pada peserta yang mengkonsumsi lebih banyak glucose dan fruktosa yang terdapat dalam bahan minuman industri yang biasanya mengandung pemanis gula yang dikenal sebagai high fructose corn a syrup.

Peneliti juga menemukan bahwa gula dan garam bersama-sama akan menjadikan lebih buruk dibanding garam sendirian.

Peneliti juga menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi minuman manis sehari akan bertambah 400 kalori yang tidak mengandung nilai gizi. Namun kalori tersebut dapat meningkatkan berat badan dan komplikasinya.

Sebagai gantinya disarankan memperbanyak untuk minum minumam sehat alternative seperti air putih dan teh tawar. Dengan melakukan itu, peserta tidak hanya memperbaiki tekanan darah, namun juga bermanfaat bagi jantungnya, memperbaiki berat badan dan mengurangi resiko diabetes.

Selain itu, peserta yang mengkonsumsi minuman manis akan memiliki asupan makanan yang kurang sehat. Makanan yang ada kekukarangan mineral dan vitamin seperti magnesium, potassium dan kalsium yang dapat menimbulkan efek bermanfaat bagi tekanan darah dan kesehatan jantung.

Air putih atau  teh tawar, silahkan pilih! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar