Sabtu, 02 Oktober 2010

MANFAAT JALAN KAKI KE SEKOLAH

Sehat Sekilas
MANFAAT JALAN KAKI KE SEKOLAH

Berjalan kaki ke sekolah dapat membantu mengurangi stress anak-anak sepanjang hari, menurut hasil penelitian terbaru. Pengurangan stress ini dapat mencegah kenaikan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung di kemudian hari, menurut penjelasan peneliti  Universitas di Buffalo.

Penelitian melibatkan 20 anak perempuan dan 20 anak laki-laki, berusia 10-14, yang mendapat uji coba dalam laboratorium penelitian tingkah laku. Separuh dari anak-anak mendapat simulasi mengendarai ke sekolah- mereka duduk pada kursi yang nyaman dan melihat slide selama 10 menit yang memperlihatkan gambar tetangga dan berakhir di sekolah.

Anak-anak yang lain melakukan satu mil jalan pada treadmill pada tempat yang dipilih dan mengenakan tas yang beratnya 10% dari berat badan anak. Ketika mereka berjalan di treadmill, anak-anak melihat slide gambaran tetangga di layar.

Setelah simulasi ini, kedua kelompok anak-anak beristirahat selama 20 menit dan kemudian di lakukan uji coba dimana mereka diminta mengidentifikasi warna dari warna nama mereka yang dicetak dalam warna yang salah (kata hijau terlihat dalam tinta biru,   seperti contoh). Rata-rata, denyut jantung meningkat kurang lebih 3 denyut setiap menit pada anak-anak yang berjalan, dibanding dengan peningkatan 11 denyut per menit pada anak yang mengendarai ke sekolah.

Dibandingkan dengan yang berjalan, anak-anak yang mengendarai memiliki 3 kali lebih besar kenaikan tekanan darah sistolik dan perubahan mereka dalam menerima stress yang dua kali lebih besar, menurut laporan yang dipublikasikan pada bulan Agustus di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Penyakit jantung berawal sejak anak-anak, sehingga jika kita dapat menemukan sesuatu yang dapat menghentikan atau memperlambat proses, akan memberi keuntungan kesehatan yang bermakna, kata peneliti senior James Roemmich, seorang professor pediatrics dan ilmu gizi dan olah raga, dari Universitas di Buffalo.

Memang benar nyanyian ketika saya sekolah dasar dulu.
“Saiki aku wis gede, sekolah mangkat dewe.
Ora susah dieterake, bareng karo kancane.
Yen mlaku turut pinggiran, ora pareng gojekan.
Neng ndalan akeh kendaraan, mengko mundak tabrakan.”
(Sekarang aku sudah besar, sekolah berangkat sendiri.
Tidak perlu diantar, bersama teman-teman.
Jika berjalan kaki dipinggir, tidak boleh bercanda.
Di jalan banyak kendaraan, nanti bisa tabrakan.)
(snd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar