Rabu, 07 Juli 2010

KONSULTASI KESEHATAN


MAJALAH KESEHATAN ISLAM HILAL AHMAR EDISI 36 /VI/ JUNI 2010 | Konsultasi Kesehatan


 
Assalaamu'alaikum warohmatulllohi wabarokatuh
Afwan mau tanya apa sih penyakit radang panggul apa penyebabnya dan apa solusinya
Wassalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Ummi , 02715859xxx

 
Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh
Terimakasih atas pertanyaannya Ummi . Pihak redaksi sebelumnya meminta maaf karena baru dapat memuat pertanyaan Ummi , hal ini dikarenakan cukup banyak sms yang dikirimkan , sehingga mohon bersabar untuk pemuatannya, Semoga Ummi dan pembaca lain yang sudah mengirimkan sms untuk rubric ini dapat memakluminya .
Penyakit radang panggul atau Pelvic Inflammation Disease adalah terjadinya infeksi yang dapat menyerang tuba falopii (saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim), endometrium , ovarium , parametrium yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dimana bakteri masuk melalui vagina dan bergerak ke rahim lalu ke tuba fallopii dan organ sekitarnya. 90-95% kasus PID disebabkan oleh bakteri yang juga menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual (misalnya klamidia, gonore, mikoplasma, stafilokokus, streptokokus).
Gejala yang dirasakan oleh penderita adalah nyeri pada perut bagian bawah yang semakin memburuk dan disertai dengan sakit kepala , badan terasa panas sekali dan lemas . Gejala lainnya yang mungkin ditemukan pada PID adalah : Keluar cairan dari vagina dengan warna, konsistensi dan bau yang abnormal , berupa nanah . Untuk memastikan diagnosanya , perlu dilakukan pemeriksaan USG , dan beberapa pemeriksaan laboratorium lainnya untuk kemudian mengkonsultasikan hasilnya pada dokter spesialis kandungan terdekat . Wallohu a'lam bish showab.
(dr. Metty Dewi Astuti)

 

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali....

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-radang-panggul/

    BalasHapus