Jumat, 06 April 2012

12-Konsultasi Kesehatan

Konsultasi Kesehatan

Konsultasi Kesehatan | Edisi : 55/VII/Maret/2012
penulis : dr. Meti Dewi Astuti



Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Anak saya berumur satu bulan , tetapi pusarnya masih agak basah , apakah hal ini berbahaya ? bagaimana solusinya ? jazakumulloh khoiron katsiro
Wassalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
087835170xxx , ummi
 

JAWABAN ;
 
Wa’alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh
 
Kami mengucapkan selamat atas kehadiran bayi anda . Tantangan berikutnya adalah bagaimana cara merawat fisik bayi anda agar tumbuhkembangnya berlangsung secara optimal .

Untuk perawatan tali pusat bayi , umumnya akan puput ( lepas ) sendiri pada waktu bayi berumur 6-7 hari . Bila tali pusat belum puput , maka setiap sesudah mandi  tali pusat harus dibersihkan dan dikeringkan. Caranya ialah dengan membersihkan pangkal tali pusat yang ada di perut bayi dan daerah sekitarnya dengan kain kassa yang dibasahi dengan zat antiseptic. 

Yang paling penting adalah membersihkan lipatan tali pusat dengan perut. Lipatan ini dapat dibersihkan dengan menarik sedikit tali pusat ke atas , samping, depan , ke bawah kemudian 2,5 cm sekitar tali pusat, kemudian tali pusat yang sudah kering. 

Selanjutnya pangkal tali pusat dan tali pusat ditutup dengan kain kassa yang steril. 

Pemakaian gurita tidak dianjurkan oleh karena dapat mengganggu pernafasan bayi. 

Bila tali pusat basah , berbau dan menunjukkan tanda-tanda radang , harus waspada terhadap infeksi tali pusat. Infeksi ini harus segera diobati untuk menghindari infeksi yang lebih berat seperti sepsis / meningitis, segeralah diperiksakan ke petugas medis terdekat . 
(dr. Meti Dewi Astuti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar