Senin, 26 Agustus 2013

Sehat Sekilas | HIKING DI ALAM BISA MENINGKATKAN KREATIFITAS

Hiking berarti berjalan kaki melewati hutan dan desa atau lintas alam. Hiking di alam ini ternyata baik untuk otak, terutama jika anda suntuk.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa skor pembawa ransel punggung (backpackers) ini 50% lebih baik pada tes kreatifitas setelah menghabiskan waktu 4 hari di alam dengan tidak berhubungan dengan seluruh alat-alat elektronik.

Empat puluh enam orang dengan rata-rata umur 28 tahun pergi selama 4-6 hari melakukan hiking yang diorganisir oleh Outward Bond di Alaska, Colorado, Maine dan Washington. Hp, tablet, computer atau peralatan elektronik lainnya tidak dijinkan dibawa.

Dari orang ini, 24 melakukan tes kreatifitas 10 item pada pagi hari sebelum perjalanan, dan 32 melakukan tes pada pagi hari setelah perjalanan 4 hari. Orang yang melakukan hiking selama 4 hari mendapat nilai 6 dari 10 pertanyaan, sementara orang yang melakukan tes sebelum hiking hanya mendapat nilai 4.

Putus hubungan dengan media tehnologi membuat orang mampu tinggal sementara dan alam melakukan istirahat, James P. Nicolai MD, seorang direktur medis Andrew Weil, di Miraval Tucson berkata," Ambil 10 sampai 15 menit berjalan di taman lima kali dalam seminggu."

Ini adalah nasihat yang baik, kata David Straker, DO, seorang asisten professor klinis di Universitas Columbia jurusan Kedokteran di kota New York, "Kita mengetahui gerak badan adalah hal yang paling penting yang dapat kita lakukan untuk kesehatan mental kita."

Hiking membantu senyawa kimia otak yang merasa baik disebut dengan endhorphins. "Gerak badan di alam memberi manfaat lebih pada kesehatan mental dibanding di berjalan di treadmill." kata David.

Majalah Hilal Ahmar | 63/IX/FEB2013 | Sehat Sekilas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar