Jumat, 17 Februari 2012

TEMAN SEPERJUANGAN



Renungan

TEMAN SEPERJUANGAN

Makna perjuangan selalu multi tafsir. Perjuangan adalah sebuah kerja membangun harapan di setiap langkah termasuk ketika gagal dan salah. Membangun harapan di setiap langkah membutuhkan teman. Jalan perjuangan bukanlah jalan yang lapang terbentang. Untuk melaluinya perlu banyak tenaga dan pengorbanan.


Semua upaya perorangan yang terpencar-pencar, pasti tak akan sampai pada tujuan. Perjuangan semacam itu segera terputus setelah berangkat satu atau beberapa langkah. Dan langkah ini akan sia-sia dan kondisi jalan akan tetap sulit dilalui seperti semula.


“Berpegang teguhlah kamu dengan tali Allah, dan jangan berpecah belah..” (Ali Imran 103).


Berpegang teguh dengan tali Allah dan janganlah berpecah belah artinya berkelompok atau berjamaah atau berteman.




Ada perintah yang harus kita lakukan yaitu : “Tegakkanlah Din dan jangan kamu berpecah belah tentangnya..” (Asy Syura 13).


Siapa teman kita sejati?


“Sesungguhnya wali kamu hanyalah Allah, rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman…” (Al Maidah 55)


“Dan barangsiapa mengambil Allah, rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang.” (Al Maidah 56).


“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan sebagian mereka adalah menjadi penolong bagi sebagian yang lain..” (At Taubah 71).


Demikianlah saling berteman, saling mencintai, saling menolong dan saling membantu. Mereka laksana bangunan yang ditata rapi. Perasaan mereka menyatu, pikiran dan ideology mereka sama, begitu juga tujuan dan sasaran mereka, aqidah dan metode mereka.



Siapa saja yang menjadi lemah dikuatkan teman-temannya, yang tergelincir diselamatkan saudaranya, dan yang berbuat baik disemangati serta dibantu.



Saling mencintai, sikap setia dan loyal akan menimbulkan kekuatan yang luar biasa. Semua itu akan mendatangkan penguat dari Allah, dan akan mendatangkan rahmat, pertolongan, dan pembelaan Allah. (Abu Muhammad).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar