Jumat, 17 Februari 2012

BERSAHABAT DENGAN OSTEOARTHRITIS



Sehat Utama

BERSAHABAT DENGAN OSTEOARTHRITIS

Osteoarthritis (OA) merupakan jenis arthritis yang paling tua dan paling sering terjadi. Dikenal sebagai jenis ‘wear and tear’ arthritis atau arthritis pengausan.  OA adalah kondisi kronis yang digambarkan oleh kerusakan tulang rawan sendi (joint’s cartilage). Tulang rawan adalah bagian sendi yang menjadi bantalan dari tulang dan menyebabkan kemudahan gerakan sendi. Kerusakan tulang rawan menyebabkan tulang  bergesekan satu sama lain.
Osteoarthritis juga dikenal dengan berbagai nama, termasuk penyakit sendi degeneratif, osteoarthrosis, hypertrophic arthritis dan arthritis degeneratif. Dokter anda mungkin akan memilih salah satu nama diatas untuk menjelaskan lebih baik apa yang terjadi pada tubuh anda, namun kami lebih memilih menyebut seluruh nama tersebut dengan osteoarthritis.
Osteoarthritis sudah ada sejak jaman purba. Bukti adanya osteoarthritis ditemukan pada kerangka jaman es. Sekarang, diperkirakan di Amerika ada 27 juta penderita osteoarthritis. Meskipun lama dan seringnya penyakit ini, penyebabnya masih belum diketahui dengan lengkap dan belum ada obat yang ampuh. Faktanya, banyak factor yang berbeda memainkan perang penting apakah anda akan menderita OA atau tidak, yaitu usia, obesitas (kegemukan), injury (trauma) atau penggunaan yang berlebihan dan keturunan.


Terdapat beberapa tahapan osteoarthritis
  • Tulang rawan kehilangan kelenturan dan menjadi lebih mudah rusak oleh  karena injury (trauma) atau penggunaan.
  • Pengausan tulang rawan menyebabkan perubahan pada tulang. Tulang menjadi lebih tebal dan terdapat kista dibawah tulang rawan. Pertumbuhan tulang , yang disebut spurs atau osteophytes, berkembang dekat ujung tulang pada sendi yang terdampak.
  • Serpihan tulang atau tulang rawan lepas ke dalam ruang sendi.
  • Batas sendi atau synovium, menjadi meradang karena kerusakan tulang rawan menghasilkan cytokines (protein peradangan) dan ensim yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut tulang rawan.

Perubahan pada tulang rawan dan tulang sendi dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan keterbatasan gerak. Memburuknya tulang rawan dapat :

·         Menyebabkan serpihan tulang dan tulang rawan lepas ke dalam cairan sendi menyebabkan iritasi dan nyeri.
·         Menyebabkan pertumbuhan tulang, yang disebut osteophytes, berkembang dekat ujung tulang.
·         Mengakibatkan cairan sendi tidak memiliki cukup hyaluronan, yang berdampak pada kemampuan sendi untuk menyerap tekanan.

Penyebab
Saat ini tidak dikenal penyebab tunggal osteoarthritis, terdapat beberapa faktor resiko yang harus dipertimbangkan. Mengenal dan mengontrol faktor resiko dapat membantu anda meminimalkan resiko anda atau bahkan membantu mencegah terjadinya OA. Perhatikan, bahwa memiliki faktor resiko OA tidak berarti anda akan pasti terkena. Faktor resiko yang tunggal tidak bisa menyebabkan OA; ini seperti kombinasi faktor resiko yang bekerja bersama-sama untuk menyebabkan penyakit ini.
Terdapat dua jenis osteoarthritis- primer dan sekunder. Osteoarthritis primer berkaitan dengan ketuaan dan dianggap sebagai osteoarthritis pengausan (wear and tear). Semakin tua anda akan semakin, semakin sering terkena OA primer. Tidak terdapat penyebab jelas jenis OA primer.
Sebaliknya, jika seseorang didiagnosa terkena osteoarthritis sekunder, ini karena adanya penyebab yang nyata penyakit ini. Dengan kata lain, kerusakan tulang rawan dapat dihubungkan dengan injury (trauma), keturunan, obesitas (kegemukan) atau yang lainnya.

Faktor-faktor Resiko Osteoarthritis
·         Usia. Insiden OA meningkat karena bertambahnya usia.
·         Obesitas (kegemukan). Kenaikan berat badan merupakan faktor resiko yang serius dalam perkembangan OA, terutama dengan lutut anda. Untuk setiap penambahan 1 pound atau 0,45 kg, anda menambah 3 pounds atau 1,35 kg pada lutut anda dan enam kali tekanan pada pinggang anda.
·         Injury (trauma atau rudapaksa) dan pemakaian yang berlebihan. Atlit atau orang yang bekerja menggunakan gerakan berulang-ulang seperti operator mesin, memiliki resiko lebih besar terkena OA. OA juga terjadi beberapa tahun kemudian pada sendi dimana tulang mengalami patah atau pembedahan terjadi.
·         Keturunan atau genetika.
·         Kelemahan otot. Penelitian otot lutut menunjukkan bahwa kelemahan otot di sekeliling sendi dapat menyebabkan OA, namun penguatan latihan untuk otot paha menjadi penting untuk mengurangi resiko ini.
·         Penyakit lain.  Seperti rheumatoid arthritis, hemochromotosis (kelebihan zat besi), akromegali atau hormon pertumbuhan yang berlebihan.

Gejala dan Tanda
Yang paling sering, OA berkembang secara bertahap, dimulai dari keadaan sakit atu kekakuan yang terlihat lebih seperti gangguan dibanding keadaan medis. Beberapa penderita OA tidak pernah mengalami perkembangan pada tahap awal. Yang lainnya mengalami perkembangan ketika bertemu titik dimana ada hubungan dengan aktivitas harian dan nyeri dan kaku yang membuat kesulitan untuk berjalan, naik tangga atau tidur.

Tanda dan gejala yang paling sering terjadi adalah :
·         Nyeri pada sendi setelah pemakaian yang berlebihan atau tidak beraktivitas.
·         Kaku sendi  setelah periode istirahat yang terjadi secara cepat.
·         Kaku sendi pada pagi hari yang biasanya terjadi tidak lebih dari 30 menit.
·         Nyeri yang disebabkan kelemahan otot sekeliling sendi berkaitan dengan tidak beraktivitas.
·         Nyeri sendi biasanya berkurang pada pagi hari dan memburuk pada malam hari setelah beraktivitas.
·         Memburuknya koordinasi, postur dan langkah karena nyeri dan kaku.

Jika OA terjadi dipinggang, anda akan mengalami :
  • ·         Nyeri di selangkangan, paha dan pantat.
  • ·         Nyeri yang merujuk ke lutut dan sisi paha.
  • ·         Pincang ketika jalan.

Jika OA terjadi di lutut, anda akan mengalami :
  • ·         Nyeri ketika menggerakkan lutut.
  • ·         Menahan atau menggertakkan ketika menggerakkan lutut.
  • ·         Nyeri ketika berjalan naik dan turun tangga atau bangun dari kursi.
  • ·         Nyeri yang mencegah anda menggerakkan kaki.
  • ·         Kelemahan otot paha yang besar.
Jika OA terjadi pada jari, anda akan mengalami :
  • ·         Nyeri dan pembengkakan pada sendi jari jemari.
  • ·         Pertumbuhan serpihan tulang pada sendi diujung jari disebut Heberden’s nodes, atau pada sendi pertengahan, disebut Bouchard’s nodes.
  • ·         Kemerahan, lembut, dan pembengkakan pada sendi yang terkena, terutama pada awal dimana nodes (benjolan) terbentuk.
·         Pembesaran sendi.
·         Kesulitan gerakan mencubit, seperti mengambil sesuatu dari meja atau memegang pensil atau pena.
Jika OA terjadi di kaki, anda akan mengalami:
  • ·         Nyeri dan lembut pada pembesaran sendi pada jari kaki.
  • ·         Nyeri ketika mengenakan sepatu yang sempit atau berhak tinggi.
Jika OA di tulang belakang, anda akan mengalami :
  • ·         Rusaknya pembungkus tulang belakang yang mengakibatkan pertumbuhan tulang yang berlebihan.
  • ·         Kekakuan dan nyeri pada leher dan pinggang.
  • ·         Tekanan pada syaraf  (syaraf yang terjepit).
  • ·         Nyeri di leher, bahu, lengan, pinggang dan kaki.
·         Kelemahan atau mati rasa di lengan dan kaki karena syaraf yang terjepit akibat peradangan.
Hal yang penting anda lakukan jika anda dicurigai memiliki berbagai gejala dan tanda arthritis adalah mendapat diagnosa yang tepat dan memulai perawatan yang aktif.

Diagnosa
Diagnosa awal dan pengobatan awal adalah kunci mengontrol osteoarthritis. Dokter anda akan melihat riwayat kesehatan anda dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai keaktifan penyakit anda. Dokter mungkin akan menggunakan pemeriksaan roentgen (X-ray) untuk memastikan diagnosa.
Jika anda mengalami OA, anda akan dirawat oleh berbagai jenis keahlian kesehatan. Pertama anda akan dirawat dokter umum yang mendiagnosa anda. Tergantung beratnya penyakit dan bagaimana reaksi terhadap pengobatan awal, anda mungkin akan dirujuk ke spesialis penyakit dalam yang disebut rheumatologist. Profesi kesehatan lain yang mungkin anda akan dirujuk adalah dokter spesialis bedah tulang, fisioterapi, dan occupational terapi.

Terapi
Hal penting ketika anda didiagnosa OA adalah perawatan seawal mungkin. Diagnosa dan pengobatan awal adalah langkah pertama  keberhasilan manajemen osteoarthritis. Dokter anda akan mulai dengan memberikan obat, namun sebenarnya anda adalah faktor kunci dalam kehidupan yang sukses bersama OA. Sebagai tambahan, dan mungkin lebih penting dibanding obat yang anda minum, membuat perubahan gaya hidup yang sehat, mengatur stress dan depresi, menghindari kerusakan sendi, dan keseimbangan antara istirahat dan beraktifitas akan memainkan peran yang penting dalam bertempur melawan nyeri dan keterbatasan yang datang bersama OA.

Tujuan rencana pengobatan OA adalah:
  • ·         Mengontrol nyeri dan gejala-gejala lainnya.
  • ·         Memperbaiki kemampuan anda dalam fungsi aktifitas sehari-hari.
  • ·         Memperlambat kemajuan penyakit.

Rencana pengobatan termasuk kombinasi antara unsur-unsur  berikut :
  • ·         Olah raga.
  • ·         Kontrol berat badan.
  • ·         Perlindungan sendi.
  • ·         Fisioterapi dan occupational therapy.
·         Obat.
Pada beberapa kasus yang berat ketika terapi diatas tidak bekerja, mungkin disarankan untuk pembedahan.
Banyak penderita osteoarthritis akan menggunakan obat-obatan untuk mengurangi gejala penyakit.  Banyak obat fokus pada mengurangi rasa sakit, namun beberapa obat bekerja dengan target pada gejala lain dan memperlambat kemajuan penyakit. Anda dan dokter anda akan bekerja sama untuk menemukan kombinasi obat yang terbaik untuk anda. Berikut beberapa jenis obat yang sering diberikan para dokter.
Analgesic –Analgesik mengurangi rasa sakit tanpa mengurangi peradangan dan pembengkakan. Jika anda hanya tertarik pada mengurangi rasa nyeri, obat-obatan ini memiliki sedikit efek samping.ini direkomendasikan bagi penderita dengan nyeri ringan sampai moderat. Contoh obat analgesic adalah acetaminophen (parasetamol), dan tramadol.
Topikal analgesic- Topikal analgesic dalam bentuk krem atau obat gosok yang dioleskan langsung diatas area yang nyeri.

Nonstreoidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs)- NSAIDs  mengurangi peradangan dan pembengkakan dan membantu mengurangi rasa sakit dan direkomendasikan bagi orang yang mengalami nyeri sedang sampai berat dan tanda peradangan yang dikaitkan dengan OA. Contoh NSAIDs adalah aspirin, ibuprofen, naproxen dan meloxicam.
Cox-2- Obat Cox-2 seperti NSAIDs cara kerjanya, namun tidak menyebabkan iritasi lambung. Contoh celecoxib dan valdecoxib.
Suntikan Glukocorticoid- Glucocorticoid yang disuntikkan adalah steroid yang diinjeksikan ke dalam sendi secara cepat mengurangi rasa nyeri. Direkomendasikan sebagai terapi pilihan awal bagi penderita nyeri lutut yang sedang sampai berat dan terdapat tanda peradangan yang tidak bisa reda diberi acetaminophen. Anada hanya dibolehkan memperoleh suntikan di sendi tiga sampai empat kali setahun.
Viscosuplement – Viscosuplemen digunakan secara spesifik bagi osteoarthritis lutut dan harus diberikan oleh dokter spesialis bedah tulang. Ini merupakan serangkaian suntikan hyaluronic acid ke dalam sendi  selama berminggu-minggu. Hyaluronic acid merupakan zat yang ditemukan dalam tubuh yang memberi kekentalan cairan sendi. Contoh Synvisc dan Hyalgan.
Kadang-kadang penderita OA berakibat pada kemampuan anda menjalankan kegiatan sehari-hari seperti mandi, memakai pakaian dan berjalan. Jika anda mengalami kesulitan dengan kegiatan ini, dokter anda akan meminta fisioterapi dan occupational therapy untuk merawat anda. Mereka akan membantu anda rekomendasi yang bagus dalam perlindungan sendi anda. Fisioterapi bekerja memperkuat otot anda dan memperbaiki kelenturan dan gerakan sendi anda. Fisioterapi akan bekerja dengan anda dengan program khusus dan tehnik manajemen nyeri.
Occupational therapy akan fokus membantu anda mengatur kegiatan sehari-hari. Dia akan menunjukkan cara melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memberatkan sendi anda. Mereka juga akan menunjukan cara memakai kruk untuk menstabilkan sendi anda dan mengurangi rasa sakit.
Kebanyakan penderita OA tidak memerlukan pembedahan, ini hanya pilihan bagi anda jika mengalami kerusakan sendi yang berat, nyeri yang ekstrim atau gerakan yang sangat terbatas akibat sakit OA. Keuntungan pembedahan adalah memperbaiki gerakan, mengurangi nyeri, dan memperbaiki sendi. Tentu saja, terdapat resiko pembedahan, terutama jika anda memiliki masalah kesehatan atau anda kegemukan, yang menambah tekanan pada jantung dan paru selama pembedahan. Terdapat juga resiko pembentukan jendalan darah di kaki anda.
Glucosamine dan   Chondroitin Sulfate. Glucosamine adalah amino sugar yang memainkan peran dalam pembentukan dan perbaikan tulang rawan. Chondroitin Sulfate adalah protein yang memberikan kelenturan pada tulang rawan. Suplemen ini diberikan selama bertahun-tahun untuk merawat osteoarthritis.
Vitamin. Beberapa peneliti menyatakan bahwa antioksidan dalam vitamin tertentu membantu mengurangi gejala tertentu osteoarthritis. Vitamin C bekerja melawan pengausan tulang rawan, menurunkan kemajuan OA dan nyeri. Vitamin E menyebabkan pengurangan nyeri. Vitamin D memiliki kemampan pencegahan secara kualitatif ketika serangan OA.

Olah Raga
Olah raga merupakan perawatan non obat yang paling efektif untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki gerakan penderita osteoarthritis. Jangan khawatir olah raga akan memperburuk kerusakan sendi anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis dapat berolahraga dengan aman. Terdapat fakta, kegiatan fisik sedang dapat mengurangi kelelahan, menguatkan otot dan tulang, meningkatkan fleksibilitas dan stamina, dan memperbaiki keadaan tubuh anda.

Mengontrol Berat Badan
Mengontrol berat badan penting bagi penderita OA. Berat badan yang berlebihan secara langsung menyebabkan perkembangan osteoarthritis. Kontrol berat tidak bisa membantu mencegah OA, namun merupakan elemen penting bagi pengobatan penyakit ini.
Menghindari Nyeri Sendi dan Kerusakan
Anda dapat melakukan langkah untuk mencegah sendi anda dan mengatur nyeri sendi dan kerusakan sebelum menjadi berat. Melakukan ini mudah yaitu mengurangi tekanan sehari-hari dan mendengarkan tubuh anda. Mendengarkan tubuh anda adalah sesuatu yang paling penting yang bisa anda lakukan sendiri. Adanya  keseimbangan istirahat dan aktifitas akan memainkan peran penting.
Tetap aktif namun tahu kapan beristirahat.
Terlalu banyak istirahat tidak baik bagi sendi. Setiap hari ketika anda lelah dan kaku, cobalah melakukan olah raga. Dengan meningkatkan kadar olahraga, anda akan memperoleh energi lebih banyak dan mengurangi nyeri. Jangan menunggu tanda nyeri fisik sebelum istirahat. Ambil 15 menit istirahat setiap satu jam untuk memberikan tubuh istirahat dari computer, dari berdiri atau duduk terlalu lama atau berkonsentrasi terlalu lama dalam kegiatan. (suna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar