Sabtu, 05 Juni 2010

Perdarahan Melalui Vagina

 Majalah Hilal Ahmar EDISI 35/VI/ MEI 2010

First Aid

Perdarahan Melalui Vagina


Khusus bagi para wanita, memang acap kali sudah terbiasa dengan siklus menstruasi (perdarahan) setiap bulan. Tentunya dalam pembahasan kali ini yang kita bicarakan adalah perdarahan di luar kebiasaan bulanan tadi, baik yang terjadi di dalam siklus haid namun terjadi dengan jumlah darah yang sangat banyak maupun perdarahan di luar siklus haid. Data ini perlu kita kaji karena penting untuk penanganan selanjutnya, dan penderita diharapkan akan mengungkapkan apakah perdarahan ini terjadi dalam atau di luar siklus haid. Selanjutnya untuk lebih memudahkan bagi kita semua, judul di atas akan kita gunakan istilah perdarahan per vaginam.
Perdarahan per vaginam dapat terjadi pada waktu menstruasi, yaitu menstruasi disertai perdarahan yang hebat (jumlah sangat banyak) dan tak jarang penderita memerlukan penggantian darah (transfusi) karena perdarahan hebat ini. Selain karena menstruasi, dapat pula terjadi karena keguguran janin, perlukaan dalam kasusu pemerkosaan (sexual assault).
Pada perdarahan per vaginam  karena menstruasi yang hebat atau karena kasus keguguran biasanya disertai nyeri/mules berat. Padahal nyeri atau mules ini biasanya terjadi pada permulaan siklus haid atau pada beberapa hari menjelang akhir siklus.
Tanda dan Gejala yang ditemukan
1.    Perdarahan hebat melalui vagina.
2.    Tanda dan Gejala shock/rejatan.
3.    Mules/ kram perut disertai rasa nyeri pada area perut bawah atau daerah  pinggang.
Tujuan             
Memastikan pasien selamat dan apabila anda ragu terhadap semakin beratnya perdarahan segera susun rencana ke RS.
Penanganan
1.    Jika memungkinkan tempatkan penderita pada tempat yang memungkinkan penderita menjaga privacy (tempat tertutup). Berikan penderita pembalut wanita bila ada atau kain yang bersih dan anjurkan penderita untuk menempatkannya pada mulut vagina.
2.    Anjurkan penderita duduk dengan kepala dan pundak tersangga dan lutut ditekuk, letakkaan semacam selimut yang dilipat pada bawah lutut untuk menyangga kedua kaki.
scan0005
3.    Jika nyeri bertambah hebat dan terjadi pada siklus menstruasi, tidak mengapa apabila penderita minum obat pereda nyeri 1 sampai 2 tablet atau obat-obatan yang biasa penderita konsumsi ketika terjadi kram/ mules hebat.
gb2
4.    Jika perdarahan terjadi terus menerus dan bertambah hebat, cegah terjadinya shock (penurunan kesadaran). Susun rencana ke RS dan tempatkan pada posisi yang aman.(Heru Pujihastono, S.Kep)
gb3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar