Sabtu, 05 Juni 2010

KETAGIHAN YANG MEMATIKAN

Majalah Hilal Ahmar EDISI 35/VI/ MEI 2010
KETAGIHAN YANG MEMATIKAN : MAKANAN SAMPAH


SEHAT SEKILAS

KETAGIHAN YANG MEMATIKAN : MAKANAN SAMPAH

Mungkin anda tidak berpikir  bahwa kue keju, es krim, atau sepotong permen dapat mematikan, namun ternyata dampak akumulasi suatu makanan sampah (junk food) dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis sehingga menyebabkan kematian, terutama karena tinggi lemak dan kalori.
Makanan sampah yang mengandung tinggi lemak dan tinggi kalori dapat menyebabkan ketagihan, dan konsumsi secara teratur makanan yang tidak sehat menyumbang faktor kenaikan obesitas di Amerika, dan  juga tanda bahaya bagi diabetes, penyakit jantung, dan stroke.
Yang mengejutkan adalah hasil penelitian terbaru yang diterbitkan 28 Maret 2010 oleh Nature Neuroscience yang menempatkan atau mengusulkan sebagai fakta bahwa makanan sampah dapat menyebabkan ketagihan seperti merokok, alkohol, dan narkotika.
Penelitian yang dilakukan pada tikus, memberi hasil bahwa makanan berlemak tinggi dan kalori yang tinggi dapat menyebabkan otak anda mengalami hal yang sama dengan mengkonsumsi heroin. Jenis makanan ini memberi kepuasan pada pusat kesenangan di otak, tetapi ini memerlukan  lebih dan lebih untuk mempertahankan rasa puas.
Pada penelitian 40 hari Scripps Research Institute memusatkan pada tiga kelompok tikus; satu yang diberi makanan regular, kedua di beri makanan regular ditambah makanan sampah setiap satu jam sekali setiap hari, ketiga diberi tanpa batas makanan sampah selama 23 jam setiap hari. Kelompok ketiga menjadi sangat ketagihan dengan makanan sampah sehingga mereka tidak merasa cukup, makan lebih banyak setiap hari dan menjadi obesitas. Pola makan ini menjadi kompulsif, meskipun kejutan listrik selalu diberikan setiap saat. Rasa puas menjadi lebih penting dari rasa sakit.
Ketika penelitian dilanjutkan dengan lebih ekstrem, menggunakan saus, kue keju, kue yang dilapisi (cake frosting), daging asap, dan makanan tidak sehat lainnya selama terus menerus 23 jam setiap hari. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan dopamine D2 reseptor di otak. Reseptor ini ketika tertekan, menyebabkan tingkah laku ketagihan. Para peneliti dapat menekan secara buatan reseptor buatan pada tikus dan menghasilkan hasil yang sama …… makanan berlebihan yang kompulsif. Kompulsif adalah dorongan yang sangat kuat untuk melakukan kegiatan atau ritual yang tidak masuk akal.
Makan makanan yang sehat akan merubah proses kerja otak anda, sehingga tidak ketagihan. Berhenti makan makanan sampah sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar