Minggu, 24 Maret 2013

Konsultasi Kesehatan

RUBRIK KONSULTASI

Pertanyaan :
Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Ana mau Tanya missal bayi usia 4 bulan dikasih susu sambung karena Ibunya harus pergi. Kira-kira susu yang tepat untuk mengganti ASI apa ya Dok ?
085345266xxx
Wassalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

JAWABAN ;
Wa’alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh
Bayi mempunyai hak untuk mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya dari Ibu. Walaupun , memang terdapat beberapa kondisi pengecualian yang tidak memungkinkan seorang bayi menerima ASI dari Ibu , seperti kondisi tersebut di bawah ini :
  1. Bayi yang didiagnosa secara medis menderita galaktosemia
  2. Ibu sedang mengonsumsi obat yang dikontraindikasikan , atau sedang menjalani terapi radiasi atau yang memiliki kondisi medis yang dikontraindikasikan untuk menyusui
  3. Bayi yang didiagnosis menderita fenylketonuria
Pertanyaan diatas sebenarnya perlu diperjelas kembali , bahwa yang dimaksud “ Ibunya harus pergi “ ini  pergi kemana. Jika sang Ibu harus meninggalkan anak karena bekerja , maka saran kami bayi dapat diberikan ASI yang diperah Ibu di jam istirahat bekerja atau Ibu menyediakan stok ASI perah beku di dalam frezer sehingga sewaktu-waktu bayi memerlukan , ASI perah beku ini dapat digunakan. Dalam majalah kita ini sering dibahas tentang bagaimana cara memperoleh dan menyimpan ASI perah untuk bayi yang ditinggal ibunya bekerja.

Tetapi jika yang dimaksud adalah “ Ibunya harus pergi “ karena dipanggil oleh ALLOH SWT untuk selama-lamanya , karena ASI tetap yang terbaik untuk bayi , maka saran kami pun tetap diberikan ASI melalui ibu susuan sebagaimana Rasululloh dahulu disusui oleh ibu Halimatussa’diyah. Atau di zaman sekarang , terdapat komunitas pendonor ASI untuk bayi yang memerlukannya  dengan tetap memperhatikan jalur nasab dan mahrom. Dengan catatan bayi tidak mempunyai kondisi yang dikontraindikasikan untuk menerima ASI.

Wassalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar