Minggu, 24 Maret 2013

Gizi : Diet Makanan Untuk Mengatasi Asam Urat


Diit Makanan Untuk Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal, merupakan hasil akhir dari metabolisme normal purin yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat di inti sel tubuh. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh karena terkandung pada semua makanan. Baik yang berasal dari tanaman (sayur, buah dan kacang-kacangan) atau hewan(daging, ikan dan jeroan). Hanya saja ada makanan yang mengandung purin tinggi dan rendah. Ketika kadar asam urat meningkat, kondisi inilah yang memunculkan penyakit asam urat, penyakit ini sering disebutgout. Merupakan suatu bentuk arthritis(peradangan sendi) yang umumnya menyerang jari-jari kaki, terutama ibu jari kaki. Penyakit ini juga bisa menyerang lutut, tumit, pergelangan tangan, pergelangan kaki, jari-jari tangan dan siku. Penyakit ini biasanya diturunkan dalam keluarga, bukan karena faktor genetik tetapi lebih disebabkan pola makan yang cenderung sama.

a.    Penyebab
Penyebab umum penyakit ini adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam urat seperti jeroan, akibatnya kadar asam urat dalam darah meningkat. Penyebab lainya adalah konsumsi alkohol, stress, infeksi dan obat-obatan tertentu (seperti obat yang mengandung dosis rendah asam salisilat. Bisa juga akibat cidera ringan karena memakai sepatu yang tidak sesuai ukuranya(terlalu kecil). Secara alamiah laki-laki berusia di atas 30 tahun lebih rentan terkena penyakit asam urat, kadar asam urat pada laki-laki cukup tinggi sedangkan pada wanita umumnya rendah dan baru meningkat setelah menopause.

b.    Gejala
Nyeri sendi secara mendadak merupakan gejala asam urat, biasanya terjadi pada malam hari, rasa nyeri terasa berdenyut dan sangat sakit, serta akan bertambah mesipun hanya sedikit bergerak. Gejala lain adalah kulit kemerahan, terjadi pembengkakan  di daerah sendi yang terserang, serta demam, kedinginan dan tubuh lemah

c.    Pencegahan
Pencegahan utama agar terhindar dari penyakit ini adalah tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi secara berlebihan, misalnya daging be ek dan burung, jeroan(babat, usus, hati dan ampela) serta kikil.
Banyak mengkonsumsi makanan yang berserat dan buah-buahan atau jus segar dapat menurunkan risiko terserang penyakit ini, ditambah dengan tidak mengkonsumsi alcohol dan banyak meminum air putih serta berolah raga secara teratur.

Penyakit asam urat sangat erat kaitanya dengan pola makan. Umumnya karena pola makan yang tidak seimbang (jumlah asupan protein sangat tinggi). Bukan berarti penderita asam urat tidak bolah mengonsumsi makanan yang mengandung protein, hanya saja jumlahnya harus dibatasi.

1.    Makanan yang dianjurkan
Makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah yang mengandung purin rendah (0-15 mg purin per 100 gram bahan). Beberapa diantaranya sebagai berikut:
-       Susu, keju dan telur.
-       Padi-padian atau serealia seperti tepung beras, umbi-umbian, jagung, terigu, mi dan bihun.
-       Sayuran segar seperti jagung manis, jagung muda, labu siam, wortel, oyong, sawi putih, terigu ungu dan mentimun.
-       Buah-buahan seperti sirsak, papaya, mangga, strowberi, blewah, melon, semangka, pisang, jeruk, apel manis, tomat, pir dan jambu biji.

2. Makanan yang dilarang atau dibatasi

a.    Bahan makanan purin tinggi:
-       Makanan laut seperti udang, cumi, kerang dan remis, daging unggas dan burung, ikan sarden dan makarel.
-       Jeroan dari berbagai jenis ternak seperti hati, ampela, usus, paru, jantung, limpa, babat,dan otak.
-       Ektrak daging atau kaldu instan.
-       Makanan dan minuman yang menggunakan ragi, seperti roti, tape, donat, serta aneka makanan yang difermentasikan dengan ragi.

b.    Bahan makanan yang mengandung purin sedang, konsumsi harus dibatasi contohnya:
-       Daging sapid an ayam
-       Ikan seperi kakap, tongkol, tengiri, gurame, bandeng, dan bawal.
-       Kacang-kacangan kering, seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang merah dan kacang kedelai beserta hasil olahannya(tahu,, tempe, dan oncom), serta kacang tolo.
-       Beberapa jenis sayuran seperti asparagus, buncis, kacang polong, brokoli, kol, kembang kol, bayam, daun singkong, kangkung, daun papaya, daun melinjo, biji melinjo dan jamur.
-       Buah-buahan seperti durian dan avokad.

Contoh menu pada penderita asam urat

Pepes Ikan Kembung

Bahan:
500 gram ikan kembung
1 sdm air jaruk nipis
3 batang kamangi, ambil daunnya
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bumbu yang dihaluskan:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 butir kemiri
Garam secukupnya

Cara membuat:
1.    Siangi ikan, lumiri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar.
2.    Lumuri ikan dengan bumbu yang dihaluskan beri daun kemangi.
3.    Bungkus ikan beserta bumbu dan daun kemangi dengan daun pisang. Kukus hingga matang, angkat.
4.    Bakar pepes di atas bara sebentar, angkat.
5.    Pepes ikan kembung siap disajikan.
Menu terapi jus untuk mengatasi Asam Urat dan Rematik
Jus Semangka Strowberi

Bahan
100 gram semangka tanpa biji, potong ukuran kecil
100 gram stroberi, buang kelopaknya
100 ml susu cair
Es batu

Cara Membuat:
Campurkan semua  bahan, lalu haluskan menggunakan blender. Tuang ke dalam gelas, sajikan dengan menambah es batu.

Wulan Hastari Riskanita, S.Gz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar