Jumat, 30 Juli 2010

MINUM TEH BERSAMA ISTRI

SEHAT SEKILAS
MINUM TEH BERSAMA ISTRI

Teh  adalah minuman rakyat. Murah, terjangkau, dan bisa ditemukan dimana-mana. Jenisnya juga beragam ada teh hijau, teh hitam, dan teh melati. Aroma teh  memang menggoda, apalagi diminum pada saat udara dingin, ketika membaca koran atau majalah, bersama keluarga atau bersama tamu yang berkunjung ke rumah. Saking merakyatnya minuman teh ini, maka banyak perusahaan besar membuat teh sebagai minuman pabrikan. Ada yang dalam botol gelas, ada yang dalam kotak, bahkan sachet. Di kalangan laki-laki di wilayah Solo sekitar dikenal istilah teh yang panas, legi (manis) dan kental.
              Apa untungnya minum teh? Tentu banyak. Jika tidak, tentu saja tidak banyak penggemar teh.
              Peneliti dari Institut Queensland, para peneliti kedokteran menemukan bahwa minum teh akan menurunkan resiko terkena kanker. Pimpinan peneliti, Dr. Christina Nagle dari Kelompok Kanker Ginekologi/Kandungan, menyatakan : “ Hasil kami menunjukkan bahwa minum lebih dari empat gelas sehari teh hitam, hijau atau herbal menurunkan resiko terkena kanker ovarium hampir 30%.
              Dr. Nagle menyatakan bahwa meskipun penelitian sebelumnya pada percobaan binatang yang menyatakan bahwa teh dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium, hasil pada penelitian manusia tidak konsisten, “Akan tetapi, penemuan kami mendukung teori bahwa antioksidan dalam teh akan memiliki keuntungan melawan kanker pada manusia.”
              Hasil penelitian menemukan sekitar 2.700 wanita Australia (separuh dengan kanker, dan separuh tidak). Setiap wanita ditanya tentang makanan dan gaya hidupnya, termasuk kebiasaan minum teh.
              “ Teh hijau dianggap jenis teh paling sehat. Meskipun hasil penelitian kami tidak menunjukkan efek yang lebih kuat bagi teh hijau, menggabungkan seluruh bukti yang menyatakan bahwa minum satu gelas atau lebih teh  hijau per hari akan menurunkan resiko perkembangan kanker ovarium sekitar 40%. Namun penelitian ini perlu dikonfirmasi dengan penelitian lebih lanjut.”
              Hampir 1.200 wanita Australia didiagnosa kanker ovarium setiap tahun. Penyakit ini menyebabkan 800 kematian  setiap tahun. Diagnosa lebih awal, ada kesempatan lebih baik untuk keselamatan. Sehingga lebih banyak wanita yang mengetahui kanker ovarium dan gejalanya, akan lebih baik.
              Ayo minum teh  bersama istri, supaya sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar